Jawa pos, Minggu 21 Juli 2013

Sentra Bisnis Menjamur di Sepanjang MERR

 

Rungkut – Perkembangan kawasan di sepanjang jalur middle east ring road (MERR) begitu pesat sejak difungsikan Januari tahun lalu. Terutama dari segi perekonomian. Itu terlihat dari banyaknya pengembang membangun sentral bisnis serta hunian flat  kelas menengah di kawasan tersebut.

          Saat ini terdapat tujuh kawasan sentral bisnis yang beroperasi. Mulai jalur masuk di kawasan Kecamatan Rungkut hingga Sukolilo. Di wilayah Kecamatan Sukolilo, dari pertigaan Jalan Arif Rahman Hakim sampai kampus Stikom, terdapat lima kawasan sentral bisnis yang sudah beroperasi. Sisanya berada di sepanjang jalur MERR yang masuk di kawasan Rungkut hingga Gunung Anyar.

          “Sesuai dengan tata kota, Pemkot Surabaya menjadikan sepanjang jalur MERR sebagai kawasan bisnis dan elite,” jelas Camat Rungkut Ridwan Mubarun kemarin (20/7). Karena itu, wajar jika harga tanah di wilayah tersebut naik hinggal sepuluh kali lipat dari harga sebelumnya.

          Di wilayah Rungkut, saat ini sudah ada lebih dari sepuluh izin pengembangan kawasan bisnis. Rata-rata berupa ruko dan kawasan perkantoran swasta.

          “Tidak hanya sentral bisnis, hunian flat  dan hotel nanti juga meramaikan kawasan tersebut,” ungkap Ridwan.

          Sementara itu, pihak pengembang melihat sepanjang MERR sebagai peluang yang menguntungkan. Hartono dari Sentra Bisnis 21 Icon, salah satu pengembang, mengakui potensi perkembangan bisnis di wilayah tersebut cukup tinggi.

          “Jalur ini menghbungkan hunian-hunian elite dengan bandara dan pusat kota. Jadi potensinya menjanjikan,” teranganya. (zal.c4/ai)